Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah alumni D1 Akuntansi Komouter di IMKI Prima. Kemudian melanjutkan ke program S1 STIT Al-Mustaqim Negara Jurusan Tarbiyah atau Pendidikan. Sejak kecil didik untuk menjadi pengajar. Mulai aktif mengajar pada sebuah lembaga pada tahun 2002 sampai sekarang.

Rabu, 15 April 2009

manusia dan Al Qur'an

Manusia adalah makhluk sosial dan individual. Posisi manusia dibandingkan dengan makhluk yang lain adalah sangat tinggi. Hanya saja sangat disayangkan banyak manusia yang tidak benar-benar menjalani hidup sesuai aturan yang telah digariskan.

Dalam Islam aturan-aturan hidup sudah jelas yaitu terdapat pada Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad saw. Sebagai orang muslim sudah menjadi hak dan kewajibannya untuk selalu membaca Al-Qur'an Yang Mulia. Karena dengan membaca Al-Qur'an seseorang akan selalu dibimbing melalui kalimat-kalimat Qauliyah yang dituangkan dalam Al-Qur'an. Belum lagi jika yang membaca itu adalah orang yang mau berfikir (bertafakkur) sehingga menjadi orang yang faham dan mengamalkan isinya. Hal inilah yang diharapkan oleh Allah swt.

Dalam memahami Al-Qur'an sesorang perlu belajar segala aspek ilmu yang berhubungan dengan Al-Qur'an itu sendiri. Ilmu tersebut bisa ilmu bahasa, fiqih, akidah, akhlak, sains dan lain sebagainya. Selain ilmu-ilmu tersebut, orang yang ingin memahami Al-Qur'an juga dianjurkan untuk membaca tafsir-tafsir yang sudah ada sejak dahulu. Hal ini berguna agar dalam memahami ayat-ayat atau makna kata demi kata dari Al-Qur'an tidak salah jalan. Apalagi bagi orang yang awam, yang baru belajar agama.

Dengan memahami Al-Qur'an dan mengamalkan diharapkan banyak muslim-muslim yang menjadi manusia Al-Qur'an. Sehingga dunia dipenuhi oleh muslim-muslim yang tentram (ala bizikrillah tathmainnal Qulub) dan insya Allah membawa manusia yang lain menuju ketentraman sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar