Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah alumni D1 Akuntansi Komouter di IMKI Prima. Kemudian melanjutkan ke program S1 STIT Al-Mustaqim Negara Jurusan Tarbiyah atau Pendidikan. Sejak kecil didik untuk menjadi pengajar. Mulai aktif mengajar pada sebuah lembaga pada tahun 2002 sampai sekarang.

Sabtu, 06 Juni 2009

KURIKULUM

Setiap orang mungkin pernah mendengar kata "kurikulum". Apalagi bagi seorang pendidik kata "kurikulum" tidak asing bagi mereka. Hanya saja berbagai persoalan muncul mengenai kurikulum yang ada. Banyak pula pendidik tang kurang mengerti apa dan bagaimana sebenarnya kurikulum itu?.

Kurikulum biasa dipakai dalam bidang-bidang pendidikan untuk memenuhi target-target yang direncanakan. Kurikulum sering digunakan di lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.

Lazimnya kurikulum dipandang sebagai rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya.
Kurikulum dapat dibagi menjadi kurikulum formal, non formal dan hidden kurikulum.

Untung mengembangkan kurikulum kita perlu menggunakan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Salah satu prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dikemukakan oleh Ralp Tayler (1949), yaitu ditentukan oleh empat faktor antara lain:
  • Falsafah bangsa, masyarakat, sekolah dan guru-guru
  • Harapan dan kebutuhan masyarakat
  • Hakikat anak didik antara lain perkembangan fisik, mental psikologis, emosional, sosial serta cara anak didik belajar
  • Hakikat pengetahuan atau disiplin ilmu
Jika keempat komponen tersebut sudah terpenuhi atau kita dapatkan maka akan lebih mudah dan terarahlah pengembangan kita terhadap suatu kurikulum. Begitupula sebaliknya jika salah satu saja ada yang belum lengkap, belum dianalisis, belum dipahami maka pengembangan kurikulum akan sulit dilakukan bahkan akan menemui jalan buntu.

Sumber referensi: lihat Prof. Dr. S. Nasution, M.A, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. III, 1999, hal. 5-6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar