Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah alumni D1 Akuntansi Komouter di IMKI Prima. Kemudian melanjutkan ke program S1 STIT Al-Mustaqim Negara Jurusan Tarbiyah atau Pendidikan. Sejak kecil didik untuk menjadi pengajar. Mulai aktif mengajar pada sebuah lembaga pada tahun 2002 sampai sekarang.

Sabtu, 07 Maret 2009

Etika Pencari Ilmu

Setidaknya ada sepuluh macam etika yang harus dimiliki seorang pencari ilmu, yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelum mengawali proses mencari ilmu, seorang pelajar hendaknya membersihkan hati terlebih dahulu dari berbagai macam kotoran dan penyakit hati seperti kebohongan, prasangka buruk, hasud (dengki), serta akhlak-akhlak atau akidah yang tidak terpuji. Yang demikian itu sangat dianjurkan demi menyiapkan diri pelajar yang bersangkutan di dalam menerima, menghafal serta memahami ilmu pengetahuan secara leboh baik dan mendalam.
  2. Membangun niat yang luhur. Yakni, mencari ilmu pengetahuan demi semata-mata meraih ridho Allah swt. serta bertekad mengamalkannya setelah ilmu itu diperoleh, mengembangkan syari'at Islam, mencerahkan mata batin, dan mendekatkan diri kepada Allahswt. Oleh karena itu, dalam upaya mencari ilmu pengetahuan seirang pelajar tidak sepantasnya menanamkan motivasi demi mencari kesenangan-kesenangan duniawi seperti pangkat/ jabatan, kekayaan, pengaruh, reputasi dan lain sebagainya.
  3. Menyegerakan diri dan tidak menunda-nunda waktu dalam mencari ilmu pengetahuan. Mengingat bahwa waktu yang telah berlalu mustahil akan terulang kembali. Seorang pelajar hendaknya juga mengesampingkan segala aktivitas lain yang dapat mengurangi kesempurnaan dan kesungguhan dalam mempelajari ilmu pengetahuan
Sumber: KH. M. Hasyim Asy'ari, Etika Pendidikan Islam, Titian Wacana, Hal. 21-22

(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar