Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah alumni D1 Akuntansi Komouter di IMKI Prima. Kemudian melanjutkan ke program S1 STIT Al-Mustaqim Negara Jurusan Tarbiyah atau Pendidikan. Sejak kecil didik untuk menjadi pengajar. Mulai aktif mengajar pada sebuah lembaga pada tahun 2002 sampai sekarang.

Minggu, 08 Maret 2009

Pencari Ilmu

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya dari judul yang sama.

Adapun etika pencari ilmu selanjutnya yaitu:
  • Rela, sabar dan menerima keterbatasan dalam masa-masa pencarian ilmu baik menyangkut makanan, pakaian dan lain sebagainya. Dengan menanamkan sikap semacam itu niscaya seorang pelajar akan sukses mengarungi luasnya samudera ilmu pengetahuan, juga mampu menata hati dan pikiran (mendapatkan ketenangan batin dan pikiran), serta memperoleh sumber-sumber hikmah.
  • Membagi dan memanfaatkan waktu serta tidak menyia-nyiakannya, karena setiap sisa waktu yang terbuang sia-sia) akan menjadi tidak bernilai lagi. Seorang pelajar juga hendaknya mengetahui waktu-waktu yang terbaik dalam melakukan berbagai aktivitas belajar. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa waktu terbaik untuk menghafal pelajaran adalah saat sahur (menjelang shubuh). Sedangkan waktu terbaik untuk membahas pelajaran adalah pagi hari.
    Adapun siang hari merupakan saat yang tepat untuk aktivitas menulis. Kemudian untuk kegiatan mengkaji pelajaran dan berdiskusi akan sangat efektif jika dilakukan pada malam hari.

Sumber : Idem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar